Cari Sesuatu ?

Selasa, 15 Desember 2009

Adidas Jabulani, Bola Resmi Piala Dunia 2010


Pada hari undian grup untuk Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan, diluncurkan pula bola resmi untuk kompetisi sepakbola terbesar di muka bumi. Bola tersebut diberi nama adidas Jabulani, yang berarti ‘untuk merayakan’ dalam bahasa isiZulu, bola ini adalah edisi ke 11 bola Adidas untuk Piala Dunia FIFA.

11 warna yang terdapat pada Jabulani dimaknai sebagai penghargaan terhadap sepak bola dan negara di Afrika yang pertama kalinya mengadakan Piala Dunia FIFA. Sebelas warna ini mewakili warna untuk setiap tim pemain, setiap bahasa resmi Afrika Selatan dan untuk masing-masing dari 11 komunitas Afrika Selatan yang akan menyambut dunia tahun depan. Desain dalam bola ini menggambarkan dua aspek yang paling penting dari negara Afrika Selatan – keragaman dan harmoni – seperti prinsip-prinsip inilah yang membuatnya seperti bangsa berwarna-warni dan ramah.

Karakteristik Bola Jabulani

Jabulani mengindisikan beberapa kemajuan besar dalam teknologi sepakbola. Ketika pertama kali memegang bola, kesan pertama adalah tekstur cengkeraman dan alurnya yang unik, yang memungkinkan untuk kontrol yang maksimum, kestabilan bola ketika melayang dan cengkeraman yang sempurna dalam segala kondisi.

Cengkeraman dan alur profil lingkaran berputar mengelilingi seluruh bola di memberikan kesan aerodinamis yang optimal dan perpaduan alur memberikan karakteristik unik ketika melayang yang tak tertandingi, membuat bola ini dianggap sebagai bola keluaran Adidas yang paling stabil dan paling akurat.

Bola dibentuk untuk membuat bola ini bulat sempurna sepak bola yang lebih akurat daripada sebelumnya. “Untuk memenuhi aturan ketat FIFA mengenai spesifikasi bola, kami telah menciptakan sebuah bola yang kecil dan berat yang memungkinkan akurasi maksimum, sempurna dan sangat stabil ketika melayang,” kata Thomas Van Schaik, Kepala Humas Adidasl.

Sejumlah pemain terbaik dunia telah sepakat dengan pernyataan Thomas. Frank Lampard berkomentar: “Itu bola yang sangat kuat, sangat baik untuk ditendang” Sementara pihak yang menerima salah satu tendangan Lampard, kiper Petr Cech, berkata “Anda dapat merasakan energi yang datang ke arah Anda, seperti tembakan.”

Semoga saja bola ini tidak menimbulkan kontroversi seperti bola-bola sebelumnya yang dianggap terlalu menyulitkan kiper dan juga pemain, sehingga kenikmatan menonton sepakbola tetap terjaga ketika menggunakan bola jenis ini.

Hak Cipta dilindungi undang-undang. Dilarang menggunakan foto dalam bentuk apapun tanpa ijin tertulis dari www.gabrielradewapurbatanjung.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar