Cari Sesuatu ?

Minggu, 26 Januari 2014

Review OS: BlackBerry 10.2.1 versi Preview

Hae BlackBerry lovers! Sudah tidak kerasa BlackBerry 10 (BB10) sudah hampir setahun usianya karena 30 Januari 2014 nanti tepat satu tahun BB10 launching dan beredar di seluruh dunia. Mungkin dalam rangka 1 tahun BB10, BlackBerry konon akan melancarkan update muktahir OS BB10 ke versi 10.2.1 (update terakhir adalah 10.2) pada akhir Januari ini (konon lagi 28 Januari). Update OS 10.2.1 ini bukan hanya mengadirkan peningkatan peforma dan update bug fixed tetapi banyak fitur baru yang terkandung dalam OS 10.2.1 ini. Saya sempat mencicipi OS 10.2.1 ini lebih dari 3 bulan (gak penting ini hehe) dan memang banyak perubahan dari OS sebelumnya yaitu 10.2 (Pembahasan BB10 OS 10.2 bisa dilihat disini-> ;-) ). Oke kita lihat daftar dan gambar dibawah untuk melihat apa saja yang baru di OS 10.2.1:


-PICTURE PASSWORD:
Password angka bagi Anda terlalu mainstream? Yah BlackBerry memberikan solusi baru nan inovatif berupa Picture Password dimana Anda memadukan/mengkombinasikan sebuah angka dan diletakkan di posisi yang Anda inginkan ke dalam sebuah gambar.







-NEW INCOMING CALL SCREEN:
Banyak BB10 user mengeluhkan cara menjawab panggilan masuk pada OS sebelumnya agak sulit karena kita harus menyapu layar ke atas (untuk menolak) dan ke bawah (untuk menerima) dikarenakan jari untuk menyapu layar ke atas dan bawah sangat terbatas. BlackBerry 10.2.1 merombak total cara menjawab panggilan masuk dengan lebih simple yaitu sapu layar ke kiri (untuk menjawab) dan kanan (untuk menolak) karena cakupan lebar layar lebih dapat dijangkau jari dibandingkan sapu ke atas dan bawah.






-COSTUMIZED INDIVIDUAL RINGTONE FOR APPS (BBM, WHATSAPP, SMS, EMAIL) ETC. AND BY INDIVIDUAL.
Pada OS sebelumnya kita hanya bisa membuat ringtone sendiri hanya di beberapa options seperti BBM, EMAIL, SMS, namun OS 10.2.1 sekarang kita bisa buat ringtone sendiri hampir di semua aplikasi inti (BBM, Email, Telepon, Kontak, SMS, dll) dan juga aplikasi lain seperti Browser dan aplikasi pihak ketiga (Games, Instagram, Line, Path, dll). Dan yang paling penting kita sekarang sudah bisa dipisah bunyi ringtone BBM group satu dengan yang lain.






-ALLOW REACTION TO ANSWER MESSAGE IN LOCK SCREEN.
Selain kita bisa melihat notifikasi/pesan apa saja yang masuk tanpa membuka lock screen, pada OS 10.2.1 bahkan bisa membuat kita bisa langsung membuka notifikasi/pesan tanpa membuka lock screen. (OS sebelumnya pada lock screen hanya ada notifikasi/pesan tetapi kita harus membuka lock screen untuk membuka notifikasi/pesan tersebut.



-OPTIONS TO DELETE EMAIL EITHER ON PHONE OR BOTH PHONE AND SERVER.
Bagi pengguna BlackBerry OS 7.1 kebawah pasti sudah banyak yang tau fitur ini. Fitur ini adalah dimana kita bisa membuat pilihan dimana jika hendak menghapus email, kita bisa memilih menghapus email tersebut di Blackberry saja, di server saja, atau keduanya. Fitur ini awalnya hilang di BlackBerry 10, namun dengan kerja keras para developer OS karena fitur ini sulit direpresentasikan di BB10, fitur ini muncul kembali karena banyak sekali BB10 user memintanya (Kalian feedback, Kami dengar)!


-CLICK ON ARROW ICONS TO READ NEXT EMAIL.
Karena BlackBerry 10 dibuat untuk mempermudah user menggunakannya. Fitur tersebut mempermudah kita untuk membaca email selanjutnya hanya dengan menekan pada kotak arah kiri dan kanan panah pada ujung kanan bawah email untuk melihat next atau before email tanpa perlu menutup email sebelumnya
(OS sebelumnya untuk membuka email selanjutnya kita harus menekan tombol back kemudian kita membuka email selanjutnya).


-RESIZE/REDUCE IMAGE ATTACHMENT, EVEN REMIND YOU BEFORE SEND EMAIL.
Fitur ini mengecilkan ukuran file gambar yang di "attach" pada email. Fitur ini sangat baik untuk menjaga kuota internet kita dan fitur ini muncul ketika kita hendak mengirim email yang berisi gambar, membuat kita tidak takut lupa untuk mengecilkan ukuran gambar sebelum dikirim.


-CREATE GROUP IN CONTACTS.
Kontak pada BlackBerry Anda kebanyakan? Yup, Fitur group pada aplikasi kontak memudahkan kita membuat group kontak. Misalnya kita bisa membuat group keluarga, teman kuliah, teman kerja, dll. Jadi setelah kita membuat group, kita tidak perlu pusing mencari satu kontak pada ribuan kontak dan tidak akan tercampur mana kontak keluarga atau teman dll.






-SAVE BROWSER PAGE (READ OFFLINE).
Fitur ini membuat kita yang suka membuka halaman website (misalnya website lirik lagu) menjadi lebih mudah untuk membuka halaman website itu ketika nanti kita tidak sedang dalam sinyal internet baik untuk membukanya karena fitur ini halaman website tersebut dapat disimpan secara offiline dan dapat dibuka kapanpun, keren bukan?



-NEW DROP DOWN QUICK SETTINGS, ALLOW CUSTOMIZATION OF QUICK FUNCTIONS AND ADDED FLASH LIGHT FUNCTIONALITY.
"Quick settings" pada homescreen utama menampilkan banyak optional settings tanpa perlu kita membuka settingan utama. Fitur ini juga kita bisa mengatur settingan apa yang bakal ditaruh pada "quick settings" tersebut. Dan BONUS untuk yang update OS 10.2.1, SENTER pada "quick settings" :D .






BONUS SENTER HEHE :D


-GO TO DATE CALENDAR.
Fitur ini terdapat di aplikasi kalendar dimana kita bisa loncat ke suatu tanggal dengan cepat tanpa harus melewati setiap tanggal (kebayang kalau lagi nyari tanggal tahun 2999 hehe :D). Fitur ini dapat diakses dengan mengklik pada ujung kanan atas pada saat pertama kali membuka aplikasi kalendar. Fitur ini sebelumnya sudah ada di BlackBerry 7.1 kebawah, sayang sempat absen di BlackBerry 10 dan setelah mendengar feedback dari user, BlackBerry tampak akan mengembalikan fitur ini ke BB10.



-BUILT-IN RADIO FM (Z10 NOT INCLUDED).
Dengar radio sekitar tanpa harus streaming atau aplikasi? Yah OS 10.2.1 mempunyai aplikasi radio yang tertanam di dalamnya (Sayang hanya support Q10, Z30, Q5, BlackBerry Z10  tidak support). Aplikasi radio tergabung dengan aplikasi musik. Hanya dengan mencolokan headset kita bisa mendengar radio dengan suara jernih.







 -COSMETIC CHANGES ON BATTERY ICON. NOW INCLUDE PERCENTAGE (BY SWIPE DESKTOP UP OR ON THE LOCKSCREEN IT ALWAYS BE THERE) AND CHARGING ICON (THUNDERBOLT) NOW OUTSIDE BATTERY WHEN ON CHARGE.
Fitur ini kita bisa melihat berapa persen sisa baterai kita cukup dengan meng"swipe" homescreen ke atas dan ditahan, kita langsung dapat melihat baterai indikator kita setelah gambar baterai menghilang. Cara kedua kita bisa melihat indikator persenan baterai kita dari "lockscreen" kita yang terdapat pada bawah gambar baterai. Ketika kita mencharging BlackBerry kita indikator petir tanda sedang mengisi sekarang terdapat pada sebelah kanan gambar baterai (OS sebelumnya indikator petir tergabung dengan gambar batere).




-DEVICE MONITOR BUILT-IN APPS.
Fitur keren ini kita bisa melihat konsumsi baterai kita seperti apa, melihat aplikasi apa yang menghabiskan banyak baterai (Jadi jangan protes BlackBerry lagi boros batere :D), melihat kinerja CPU Blackberry kita seperti apa, melihat pemakaian memori RAM kita seperti apa, melihat aplikasi apa yang menghabiskan RAM dll.


-JAPANESE LANGUAGE SUPPORT.
Fitur ini sangat berguna Bagi Orang Jepang atau yang emang sedang belajar Bahasa Jepang. Walau BB10 belum dijual di Jepang secara resmi namun banyak permintaan user untuk support Bahasa Jepang.


-ANDROID RUNTIME UPDATE TO JELLY BEAN AND SUPPORTS DIRECT APK FILE INSTALLATION. USER MAY ENABLE THE FUNCTION, COPY OVER APK FILE, CLICK IT AND INSTALL IT WITHOUT SLIDELOAD.
Ini adalah salah satu fitur LUAR BIASA yang hadir di BlackBerry 10 terutama OS 10.2.1. Cukup dengan sebuah APK file (Aplikasi Android mentahan) yang kita inginkan, kita bisa install LANGSUNG APK tersebut untuk dijalankan pada lingkungan BlackBerry 10. Cara ini sangat gampang dibandingkan dengan OS sebelumnya karena jika kita mau menjalankan Aplikasi Android harus melakukan "Slideload" (Cari di google untuk lebih jauh). Aplikasi Android yang berjalan di BlackBerry 10 maksimal adalah dari OS Android Jelly Bean 4.2.2 .







-SAVING CONTACTS.
OS 10.2.1 memperbolehkan user untuk memilih menyimpan kontak baru pada perangkat, SIM Card atau email yang disinkronkan pada aplikasi kontak.


-PINCH GESTURE.
Fitur ini bisa dibilang fitur keren, terdapat di BlackBerry Hub, fitur ini dimainkan hanya dengan mensapukan kedua jari kita ke dalam untuk memisahkan pesan belum dibaca (selain itu kita bisa memisahkan draft, email terkirim, undangan meeting, dll). Agak sulit menjelaskan fitur ini, maka saya akan menyertakan video untuk lebih jelasnya tapi sekarang hanya Gambar gif saja hehe.





Mungkin diatas adalah beberapa fitur yang akan hadir pada BB OS 10.2.1, tapi perlu diingat OS 10.2.1 belum keluar secara resmi dan mungkin dapat perbedaan sedikit dengan yang resmi. Update OS 10.2.1 direncanakan akhir Januari 2014. Jadi selalu standby dengan selalu mengecheck settings -> Sofwate update -> Check for update. Bagaimana menurut kalian? OS 10.2.1 luar biasa bukan? Kita tunggu inovasi hebat BlackBerry berikutnya. Terima kasih sudah menyimak dan maaf bila ada kata-kata yang salah dalam kalimat karena saya masih harus banyak belajar nulis review. Terima kasih. :-)

SUMBER dan BBM Channel Michael Clewley, BlackBerry Product Marketing pin channel: C00014277

2 komentar :

  1. Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
    Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.

    BalasHapus