Cari Sesuatu ?

Senin, 12 Mei 2014

EKSKLUSIF REVIEW: BlackBerry Z3 Jakarta Edition

Hari ini BlackBerry Z3 Edisi Jakarta telah resmi launching secara global di Jakarta, Indonesia. BlackBerry Z3 adalah smartphone pertama BlackBerry yang dirakit oleh pabrikan asal Taiwan, Foxconn. Blackberry Z3 yang dirilis di Jakarta adalah edisi spesial dimana di setiap sisi belakang Z3 ada tulisan "Jakarta" yang jumlahnya limited. (Terutama yang sudah pre-order pasti akan mendapatkan edisi spesial tersebut).

Tulisan "Jakarta" pada bagian belakang perangkat.

BlackBerry Z3 dibandrol harga yang paling murah untuk BlackBerry beroperasi sistem BB10 yaitu sekitar 200 dollar atau 2,2 Juta rupiah. Walau dari harga terlihat murah namun kemampuan Z3 masih dibilang tidak kalah dengan generasi BB10 yang sudah dirilis dahulu.

Saya beruntung mendapatkan Z3 sebelum dirilis ke pasaran untuk menjajal kemampuannya. (*Terima kasih untuk Komunitas Indosat BlackBerry dan juga BlackBerry Indonesia. :D).

Video Unboxing BlackBerry Z3:





Dengan spesifikasi Dual Core 1.2 GHz Qualcomm MSM8230 dan RAM 1.5 GB saya rasa performa untuk pemakaian sehari-hari seperti BBM, Email, Sosial Media, Photo sangatlah bagus, cocok dan juga baterenya yang cukup besar yaitu Baterai non-lepas 2500mAH membuatnya bisa dipakai hingga 16 jam. Walau memori internal terbilang cukup kecil yaitu hanya 8 GB, Z3 masih bisa disisipi memori eksternal hingga 32 GB. Untuk main game yang berat (Seperti: Asphalt 8, Real Racing, dll) tidak dianjurkan di BlackBerry Z3 karena sangatlah "lag" namun untuk game sekelas Flappy Bird, CoC, 2048 tidak masalah. Layar 5 inch beresolusi qHD 540 x 960 membuatnya sangat nyaman untuk menonton video, membaca, dan untuk mengetik. Z3 dibekali kamera yang juga cukup lumayan yaitu 5 MP autofokus dengan kemampuan perekaman video hingga HD 1080p. Kemera depan juga cukup bagus dibekali 1,1 MP dan kemampuan perekaman video hingga HD 720p sangat cocok buat yang depan selfie hehehe.

Contoh video yang diambil menggunakan Z3.

Z3 mendukung jaringan 3G dengan spek sebagai berikut: Tri band UMTS/HSPA+ 1, 2, 8 (2100/1900/900 MHz), Quad band GSM,GRPS/EDGE (850/900/1800/1900 MHz) (Tidak mendukung jaringan 4G). Bluetooth yang digunakan adalah Bluetooth 4.0 hemat energi.

Jadi.... Saya coba menyimpukan apa kelebihan dan kekurangan BlackBerry Z3 ini berdasarkan pandangan saya.

KELEBIHAN:
  1. Harganya yang paling murah untuk ukuran BlackBerry OS 10.
  2. Batere yang tahan lama.
  3. BlackBerry 10.2.1 yang responsif pada Z3.
  4. Layar besar tetapi pas ditangan.
  5. Bahan yang terlihat solid dan tidak terlihat murah.
  6. Aplikasi Android berjalan sangat baik.
  7. Sound sangat baik. 
  8. Tidak cepat panas.
  9. BlackBerry 10 OS yang sangat aman.
KEKURANGAN:
  1. Bermain game yang berat sangatlah lambat.
  2. Tidak ada NFC.
  3. Tidak ada Micro HDMI.
  4. Lampu LED pemberitahuan terlalu kecil menjadi susah melihat lampu jika ada pemberitahuan.
  5. Bentuk yang terlalu biasa saja, tidak terlalu keren.
  6. Batere yang tidak bisa dilepas.
  7. Semua tombol berpindah dan berpusat hanya pada sisi kiri Z3.
  8. Untuk pemakaian yang berat/superuser sangat tidak dianjurkan menggunakan device ini.
  9. Memasukkan Micro SIM card agak susah.

Beberapa Foto Komparasi BlackBerry Z3 dengan smartphone lain:

  • BlackBerry Z10:





  • Huawei Andromax U2:



  • Lenovo K900:



  • Apple iPhone 5:


  • Samsung Galaxy S4:



  • Nokia Lumia 625:





Foto BlackBerry Z3 dari berbagai sudut:















Terima kasih telah melihat review saya! Jangan lupa selalu update segala tentang BlackBerry di wesbite: id.blackberry.com / Twitter @BlackBerryID & Join Milis Indosat BlackBerry dengan mensubcribe disini:  isat-bb@yahoogroups.com / Twitter @isatbb ! :D Have a nice day.

5 komentar :

  1. Bro, mau tanya.
    Yang dimaksud SUPER USER yang bro tulis di kelemahan device ini apa ya ?
    Gue rencana mau beli Z3 tp masih nyari2 info apa device ini bener2 oke. Apalagi menjalankan app android.
    Gue pake instagram, Eye Em dan Path ...
    Apa aplikasi2 itu berjalan bagus di z3 ?
    Thanks for the answers ...

    BalasHapus
  2. Sama dgn pertanyaan Ocagaul ..yg dimaksud pemakaian SUPERUSER itu spt apa Mas? Maksudnya pemakaian berat spt chatting. Bbm-an.. Kirim email. Browsing. Telpon. Sms maen game terus menerus dlm sehari itu kah maksudnya? Lalu soal batrei utk cara prmakaian spt sy sebut diatas tadi bisa berapa kali cas seharinya...mohon pencerahanmya trims..

    BalasHapus
  3. Gan.baterai berapa kuat browsing dr penuh ampe kandas? Brapa jam?
    Kalau media sos n chat data hdp trus than brapa jam bterainya?

    BalasHapus
  4. Kalau Menurut gw sebagian dari kekurangan diatas aga2 nyerempet2 ke subjektif dikit (bentuk, letak tombol). Kalau yg dimaksud SuperUser itu sosmed freak, kata gw si kurang tepat ya. karena z3 dalam hal multitasking (hub,peek) jauh lebih cepat dibanding dgn smartphone kompetitor lainnya. boleh dicoba sendiri.. learn curvenya memang aga menanjak di awalnya, ttp setelah beberapa jam pasti akan terbiasa. selanjutnya kalau utk aplikasi seperti instagram, path dsb lancar jaya bos.

    BalasHapus
  5. Gan kalo misalnya buka path di bb z3 saya Kenapa kira 2 pas mau cek lokasi malah ada tulisan "Unfortunately path has stopped" itu apa solusinya?

    BalasHapus